Insiden LATAM LA8327: Penurunan Ketinggian Drastis dan Investigasi Kesalahan Manusia

Berita Seputar Indonesia – Insiden LATAM LA8327 Pada tanggal 13 Maret 2024, dunia penerbangan di hebohkan dengan insiden yang menimpa pesawat LATAM Airbus A320neo dengan nomor penerbangan LA8327. Dalam penerbangan rutin dari Santiago, Chili menuju Asunción, Paraguay, pesawat mengalami penurunan ketinggian yang drastis dan mencekam dalam waktu singkat.

Kronologi kejadian menyebutkan bahwa pesawat yang tengah berada di ketinggian jelajah 37.000 kaki (sekitar 11.278 meter) tiba-tiba kehilangan ketinggian secara cepat. Dalam waktu 12 menit yang menegangkan, pesawat terjun bebas hingga mencapai ketinggian 9.000 kaki (sekitar 2.743 meter). Penurunan drastis ini tentunya menimbulkan kepanikan penumpang dan awak pesawat.

Dugaan Awal: Kesalahan Manusia?

Otoritas penerbangan Chili merespons cepat insiden ini dan segera melakukan investigasi awal. Hasil awal yang mengejutkan mencuatkan dugaan kesalahan manusia sebagai penyebab insiden. Di duga seorang pramugari secara tidak sengaja menekan tombol yang mengakibatkan pesawat turun secara otomatis.

Kabar ini tentu saja memicu perdebatan. Sistem kokpit pesawat modern biasanya di lengkapi dengan berbagai pengaman untuk mencegah kesalahan prosedur oleh pilot maupun awak kabin. Tombol-tombol kritis biasanya di lindungi dengan prosedur pengaktifan bertingkat untuk meminimalisir kesalahan.

Para pakar penerbangan menyatakan perlu di lakukan investigasi menyeluruh untuk mengetahui bagaimana kesalahan semacam ini bisa terjadi. Dugaan sementara ini harus di buktikan dengan analisa data penerbangan dan wawancara mendalam dengan awak pesawat yang bertugas saat kejadian.

Dampak dan Pemulihan

Meskipun mengalami penurunan drastis, pilot berhasil mengendalikan pesawat dengan sigap dan mengendalikan pesawat pada ketinggian aman. LA8327 kemudian di arahkan ke Bandara Internasional Silvio Pettirossi di Asunción dan berhasil mendarat dengan selamat.

Insiden ini mengakibatkan 28 orang mengalami luka-luka, di antaranya 10 orang mengalami cedera serius. Para korban segera di berikan penanganan medis di fasilitas kesehatan terdekat.

Investigasi Lebih Lanjut

Investigasi atas insiden LA8327 masih berlangsung. Tim investigasi bertugas mengumpulkan dan menganalisa berbagai fakta untuk menentukan penyebab pasti dari kejadian tersebut. Beberapa elemen yang akan di periksa secara menyeluruh antara lain:

  • Kotak hitam (black box): Kotak hitam merekam percakapan awak pesawat dan data penerbangan pesawat secara detail. Analisa kotak hitam di harapkan dapat memberikan gambaran jelas tentang kronologi kejadian dan tindakan yang diambil awak pesawat saat menghadapi situasi darurat.
  • Data penerbangan: Data yang di hasilkan oleh berbagai sensor pada pesawat akan diperiksa untuk mengetahui pola penurunan ketinggian dan parameter penerbangan lainnya selama insiden berlangsung. Data ini dapat membantu para investigator merekonstruksi secara detail apa yang terjadi pada pesawat saat itu.
  • Wawancara awak pesawat dan penumpang: Para awak pesawat dan penumpang akan di wawancarai untuk mendapatkan kesaksian langsung mereka terkait insiden tersebut. Informasi subyektif ini dapat membantu investigator memahami situasi yang terjadi di dalam kokpit dan kabin pesawat saat kejadian.

Dampak Lebih Luas: Keamanan Penerbangan dan Prosedur

Insiden LA8327 menimbulkan beberapa pertanyaan serius tentang keamanan penerbangan dan prosedur yang berlaku. Jika dugaan kesalahan manusia terbukti benar, maka industri penerbangan perlu melakukan evaluasi terhadap prosedur pelatihan awak kabin dan desain sistem kokpit pesawat

Baca Juga : Ridwan Kamil Ajak Pengusaha Berbondong-bondong Investasi di IKN: Peluang Besar Menanti
Sumber : Cnnindonesia

Spread the love

Related Posts

Kasus Vina Cirebon: Status Tersangka Pegi Setiawan Resmi Batal, Respons Hotman Paris Mengemuka

Berita Seputar Indonesia – Kasus pemerkosaan dan pembunuhan Vina Cirebon yang telah berlangsung sejak 2016, memasuki babak baru setelah Pengadilan Negeri Bandung, Jawa Barat, menyatakan bahwa penetapan Pegi Setiawan alias…

Spread the love

Keluarga Viral Beserta Balita Di Sekap Aparat Kepolisian

Berita Seputar Indonesia – Keluarga Viral Beserta Balita Di Sekap Aparat Kepolisian Sebuah video viral di media sosial menggambarkan kejadian yang menghebohkan. Di mana sekelompok oknum polisi di duga melakukan penyekapan terhadap…

Spread the love

You Missed

Jennifer Coppen Rindu Berat: “Kenangan dengan Dali Wassink Semakin Hari Makin Berat, Tapi Aku Mencoba Ikhlas

Jennifer Coppen Rindu Berat: “Kenangan dengan Dali Wassink Semakin Hari Makin Berat, Tapi Aku Mencoba Ikhlas

Menjelang Ultah, Jennifer Coppen Pinta Pelukan dari Dali Wassink: ‘Bangun Dong, Aku Pengin Peluk

Menjelang Ultah, Jennifer Coppen Pinta Pelukan dari Dali Wassink: ‘Bangun Dong, Aku Pengin Peluk

Inara Rusli dan Ruben Onsu Jelajahi Seongnam, Bicara Bedah Plastik di Korea

Inara Rusli dan Ruben Onsu Jelajahi Seongnam, Bicara Bedah Plastik di Korea

Sarwendah Terharu Pasal Penyelesaian Masalah rumah Tangga Bersama Ruben Onsu

Sarwendah Terharu Pasal Penyelesaian Masalah rumah Tangga Bersama Ruben Onsu

BCL dan Dugaan Penggelapan Rp6,9 Miliar: Polisi Beri Penjelasan Soal Pemanggilan

BCL dan Dugaan Penggelapan Rp6,9 Miliar: Polisi Beri Penjelasan Soal Pemanggilan

Nagita Slavina Hamil Lagi? Raffi Ahmad: “Kita Sedang Berusaha dan Berdoa

Nagita Slavina Hamil Lagi? Raffi Ahmad: “Kita Sedang Berusaha dan Berdoa